Recents in Beach

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Destinasi Wisata Antimainstream
Explore Gunung Kidul


Ingin berlibur santai dan menyenangkan di pantai namun dengan suasana dan obyek wisata yang berbeda? Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang tepat untuk referensi destinasi berlibur Anda. Why? karena ombak di pantai Gunungkidul ini berbeda seperti pantai-pantai laut selatan pada umumnya yang terkenal memiliki ombak tinggi nan besar. Sehingga cukup aman untuk dijadikan tempat menyenangkan mencari biota-biota laut, berenang hingga bisa digunakan sebagai kegiatan snorkling menyenangkan sebab kawasan disana terkenal memiliki air laut relatif jernih. Berikut beberapa informasi mengenai Pantai Nglambor yang wajib Anda ketahui guys:  



1. Cerita Sejarah Pantai Nglambor
Salah satu aneka budaya Indonesia tetap ada di Pantai Nglambor seperti tradisi upacara sedekah sebagaimana juga sama dilakukan berbagai pantai-pantai laut selatan, yang dilakukan oleh penduduk setempat. Disana upacara sedekah laut kerap kali disebut “Ngalangi” jika diartikan dalam bahasa Indonesia “melarang”. Maksud dari kata melarang itu mengingakatkan kepada siapa pun terutama warga sekitar agar tidak menangkap ikan-ikan sekitar pantai. Pengunjung tetap diperbolehkan menangkap ikan disana, hanya saja bisa dilakukan diluar musim pemijahan ikan yang terjadi dalam satu tahun sekali. Ketika menangkap ikan pun, melakukan prosesi khusus yakni menggunakan alat gawar (semacam jaring ikan terbuat dari akar pohon Wawar).  

2. Lokasi Obyek Wisata Pantai Nglambor
Berikut peta Pantai Nglambor yang kami ambil dari google map. Rekan-rekan bisa menggunakan peta ini untuk navigasi ke lokasi Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.



3. Rute Menuju Lokasi Pantai Nglambor
Akses dan rute menuju Pantai Nglambor dari Kota Yogya – Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke arah Pantai Siung – TPR Pantai Siung – sekitar 2 km dari TPR, belok kanan – ikuti petunjuk arah menuju Pantai – Pantai Nglambor Letaknya berada tidak jauh dari pantai lain. Pantai Siung dan Pantai Jogan. jadi, berkunjung ke area sini Anda bisa sekalian mengunjungi wisata pantai lainnya, tanggung deketan tempatnya.

4. Harga Tiket Masuk di Pantai Nglambor
Untuk menikmati keindahan pantai ini, Harga tiket masuknya cukup murah.
Harga tiket masuk pantai Rp 6000
Parkir motor Rp 3000
Parkir mobil Rp 5000
Ojek ke pantai dari parkiran Rp 5000 -Rp 10.000
Harga Snorkeling Rp 50.000 – Rp 75.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.
5. Obyek Wisata di Pantai Nglambor
Panorama alam di Pantai Nglambor sangat menarik dan indah dan terdapat banyak obyek wisata yang bisa Anda nikmati. Apa saja obyek wisata yang disediakan di Pantai Nglambor? Inilah obyek wisata di Pantai Nglambor:

· Wahana Snorkeling
Snorkeling merupakan magnet utama dari Pantai Nglambor. Anda bisa memulainya dengan berenang ke tengah dimana air mulai dalam sehingga asyik digunakan snorkeling. Rasakanlah sensasi menyelami kehidupan bawah laut. Anda bisa melihat aneka ikan kecil warna-warni yang berenang hilir mudir, terumbu karang, juga biota laut lainnya. Sebisa mungkin usahakan agar kaki dan tanganmu tidak bertumpu pada terumbu karang tersebut karena bisa merusak keberadaannya. Ombak yang mengalun pelan akan memberikan sensasi tersendiri. Meskipun asyik snorkeling, ingat selalu untuk tidak berenang hingga melewati batas aman. Ikutilah instruksi guide supaya aktivitas berenang dan snorkelingmu aman.

· Foto di Bawah Air (underwater)
Tak lengkap rasanya jika snorkeling di Pantai Nglambor namun tidak sekalian bergaya di depan kamera. Akhir-akhir ini foto di bawah permukaan air laut menjadi populer di sosial media. Anda bisa bergaya di bawah permukaan air dengan beragam pose.

· Jalur Trekking
Pantai Nglambor terletak di daerah yang mempunyai banyak tebing dan perbukitan. Jika Anda menginginkan wisata alam yang menantang, Anda bisa mencoba wahana trekking ini. Anda akan dapat menyaksikan pemandangan dari atas bukit. Lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu karang raksasa, dan landscape pantai serta horizon. Anda juga bisa melihat pemandangan pantai-pantai di sekitar Pantai Nglambor.

· Susur Pantai Nglambor
Setelah mencoba berbagai obyek wisata seperti snorkeling dan trekking, Anda bisa mencoba aktivitas susur pantai. Dimulai dari Pantai Nglambor, Anda bisa melanjutkan perjalanan menyusuri garis pantai ke arah barat atau ke arah timur. Dari arah timur, maka Anda bisa mendaki bukit-bukit di sebelah timur dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Siung, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, dan pantai-pantai lainnya. Sedangkan jika memilih ke barat, Anda akan bertemu dengan Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, dan lain-lain. Pemandangan yang indah dan rute menantang akan menjadi daya tarik tersendiri.

· Panorama Pemandangan Pantai Nglambor


(Tempat Biasa digunakan untuk snorkling)

(Tepi Pantai)

(Tebing Pantai)

(Bibir Pantai)

Setelah mengetahui berbagai obyek wisata di Pantai Nglambor seperti wahana snorkeling, foto di bawah laut, susur pantai, sekaligus trekking bukit di sekitar Pantai Nglambor, tentunya Anda sudah tak sabar untuk berlibur ke sana. Pastikan peralatan Anda siap seperti kamera dan wadah anti air. Sehingga liburan menjadi lebih seru dan asyik.

Selamat Berlibur sahabat Traveller!!!

Doc Pribadi 2019/02/10


Posting Komentar

0 Komentar

Disqus Shortname

designcart

Comments system

[blogger][disqus][facebook]