Soal Dan Pembahasan Struktur Program Di Bahasa C
1. Jelaskan struktur program di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
struktur program dalam bahasa pascal memiliki ciri khas yang berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain. setiap bahasa pemrograman program komputer memiliki struktur yang berbeda. perbedaan tersebut meliputi kode kodenya, urutan penulisan kodenya, jenis simbol yang digunakan, ekspresi kode yang digunakan, serta penerjemahan kode.
Berikut ini adalah struktur umum dalam bahasa pascal.
===========================================================================
program <judul program>
uses <data unit>
<deklarasi>
begin
<statemen - statemen>
end.
===========================================================================
struktur bahasa pascal <judul program> adalah judul untuk menamai program. biasanya judul program ini harus sama dengan nama program (nama file program)
struktur bahasa pascal <daftar unit> berisi unit yang digunakan dalam program . untuk membatasi unit satu dengan yang lain menggunakan tanda koma. contoh penggunaanya adalah :
==========================================================================
uses
crt,dos;
==========================================================================
struktur bahasa pascal <bagian deklarasi> berisi macam macam deklarasi yang berfungsi memberi tahukan kepada program bahwa ada ekspresi tertentu. meliputi
deklarasi tipe data'
deklarasi konstanta
deklarasi prosedur
deklarasi fungsi
deklarasi label
sebagai gambaran kepada anda tentang apa itu deklarasi dalam pascal , bayangkanlah ada pembagian sembako gratis. ada seseorang yang ingin menerimanya, sebut saja si A. ia tidak akan menerima sembako apa bila panitia pembagian sembako tidak tahu ada dirinya. maka dia harus mendeklarasikan diri dengan mendaftarkan dirinya ke panitia.
contoh penggunaanya adalah:
==========================================================================
{deklarasi tipe data}
type
larik = array[1...100] of integer;
{deklarasi konstanta}
const
N =100;
{deklarasi variable}
var
a:integer;
b:string;
c:real;
===========================================================================
struktur bahasa pascal <statemen-statemen> merupakan perintah perintah yang akan dituliskan. statemen-statemen ini harus berada di antara ekspresi begin dan end . begin dan end adalah kode yang wajib untuk ada dalam program komputer yang menggunakan bahasa pascal. karena dalam struktur bahasa pemrograman pascal di situlah inti dari pemrograman pascal.
2. Jelaskan perintah input di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
Perintah Input
Setiap bahasa pemrograman tidak akan bisa digunakan secara fleksibel jika tidak memiliki perintah input. Perintah input adalah sebuah perintah dalam bahasa program yang mampu meneruskan nilai dari operator untuk diproses oleh komputer. Perintah input memerlukan perangkat keras input, biasanya adalah keyboard. Dalam Turbo C++, terdapat tiga perintah input yaitu scanf(), getche(), getch() dan gets().
a. Fungsi scanf()
Bentuk umum dari fungsi scanf() adalah sebagai berikut :
Penggunaan scanf() biasanya dikombinasikan dengan perintah printf(). Perintah printf() disini berfungsi sekedar menampilkan keterangan tentang apa yang harus diinputkan, sehingga operator bisa langsung mengerti harus memasukkan data apa. Untuk penentu format pada scanf(), dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 3.3 Tabel Penentu Format scanf()
Selain itu, penggunaan scanf() juga harus menyertakan tanda ‘&’ pada awal nama variabel. Tanda ‘&’ disini befungsi sebagai operator alamat (address operator).
Contoh penggunaan scanf() sebagai berikut :
Jika terdapat beberapa proses input (memasukkan data) sekaligus, maka sebaiknya ditambahkan fungsi fflush(stdin); setelah fungsi scanf(). Fungsi fflush(stdin) berfungsi menghapus buffer di dalam alat I/O.
Scanf() juga bisa digunakan untuk menginputkan beberapa data sekaligus dalam satu baris asalkan jumlah dan tipe penentu format sesuai dengan variabel yang akan diinputkan. Data yang akan dimasukkan dapat dipisahkan dengan spasi, tab atau tanda pemisah lain seperti koma (,), garis hubung(-), atau titik dua(:). Pemisah data dalam input yang digunakan harus sama dengan pemisah data dalam scanf().
b.Fungsi getche()
Fungsi input getche() memiliki sifat yang sedikit berbeda dari scanf(). Perbedaan tersebut antara lain :
1. Bila dalam scanf() jumlah karakter data yang diinputkan boleh bebas, maka dalam getche() hanya sebuah karakter yang bisa diterima.
2. Bila scanf() membutuhkan tombol RETURN/ENTER untuk mengakhiri input, maka dalam getche() tidak membutuhkannya. Input dianggap selesai begitu kita memasukkan satu karakter dan secara otomatis akan melanjutkan ke baris perintah berikutnya.
getche() merupakan singkatan dari get character and echo yang artinya ‘menerima sebuah karakter kemudian tampilkan’. Input yang diterima getche() akan disimpan ke dalam variabel karakter yang sebelumnya harus sudah dideklarasikan.
c.Fungsigetch().
Satu-satunya perbedaan antara getche() dan getch() adalah getche()akan menampilkan karakter yang kita ketikkan, sedangkan getch() tidak akan menampilkan, melainkan hanya menyimpannya dalam memori saja, jadi apa yang kita ketikkan tidak akan muncul dilayar sebelum kita memberikan perintah untuk mencetak nilai tersebut.
a. Fungsi getch() dan getche() digunakan untuk membaca data karakter.
b. Karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan penekanan tombol enter.
c. Tidak memberikan efek pergantian baris secara otomatis
d. Jika menggunakan fungsi getch() karakter yang dimasukkan tidak akan ditampilkan pada layar sehingga sering digunakan untuk meminta inputan berupa password.
e. Sedangkan pada getche() karakter yang dimasukkan akan ditampilkan pada layar
d. Fungsi gets()
a. Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data bertipe karakter dan tidak dapat digunakan untuk memasukkan data numerik.
b. Harus diakhiri dengan penekanan tombol enter
c. Cursor secara otomatis akan pindah baris
d. Tidak memerlukan penentu format
e. Fungsi cin
Menangani standard input pada C++ dengan menambahkan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Harus diikuti bengan variable yang akan menyimpan data. Contoh :
int umur;
cin >> umur;
Contoh diatas mendeklarasikan variabel age dengan tipe int dan menunggu input dari cin (keyborad) untuk disimpan di variabel umur.
cin akan memproses input dari keyboard sekali saja dan tombol ENTER harus ditekan.
Contoh :
// contoh program input dan output
#include <iostream.h>
int main ()
{
int i;
cout << "Silahkan masukan nilai: ";
cin >> i;
cout << "Nilai adalah " << i;
cout << " Nilai jika di kali 5 adalah: " << i*5 << ".\n";
return 0;
}
Output :
Silahkan masukan nilai: 2
Nilai jika di kali 5 adalah: 10.
cin juga dapat digunakan untuk lebih dari satu input :
cin >> a >> b;
Equivalen dengan :
cin >> a;
cin >> b;
Dalam hal ini data yang di input harus 2, satu untuk variabel a dan lainnya untuk variabel b yang penulisannya dipisahkan dengan : spasi, tabular atau newline.
3. Jelaskan perintah output di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
Perintah Output adalah perintah yang digunakan untuk mengeluarkan hasil proses komputer sehingga bisa dibaca oleh si pemakai (user). Adapun media yang digunakan untuk menampilkan hasil output tadi bisa berupa monitor atau dicetak ke kertas melalui printer. Salah satu fungsi untuk menampilkan output dalam Turbo C++ adalah :
a.printf().
Fungsi printf() digunakan untuk mencetak data baik berupa teks, numerik, konstanta maupun variabel. Contoh penggunaan printf() bisa dilihat pada contoh program berikut :
Bisa dilihat dari contoh diatas, bahwa perintah printf() bisa diikuti dengan tanda %s, %f, %d dan lain-lain. Tanda % tersebut disebut dengan penentu format (format specifier) Fungsi printf() digunakan untuk menampilkan semua jenis data (numeric dan karakter)
Perintah lain untuk menampilkan output adalah dengan puts() dan putchar().
b. Fungsi puts() digunakan untuk menampilkan data string dan secara otomatis akan diakhir dengan perpindahan baris.
c. Fungsi putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter.berikut adalah contoh penggunaan putchar() dan puts()
d. Fungsi cout
Penggunaan cout stream dhubungkan dengan operator overloaded << (Sepasang tanda "less than"). Contoh :
cout << "Nama Saya Afandi"; // Tampilkan Output Nama Saya Afandi
cout << 1000; // Tampilkan angka 1000 pada layar
cout << x; // Tampilkan variabel x on pada layar
Operator << dikenal sebagai insertion operator, dimana berfungsi untuk menginput data yang mengikutinya. Jika berupa string, maka harus diapit dengan kutip ganda ("), sehingga membedakannya dari variable. Contoh
cout << "Hello"; // Tampilkan Hello pada layar
cout << Hello; // Tampilkan variabel Hello pada layar
Operator insertion (<<) dapat digunakan lebih dari 1 kali dalam kalimat yang sama, Contoh :
cout << "Hallo, " << "nama " << "Saya Afandi";
Contoh diatas akan menampilkan Hallo nama Saya Afandi sentence pada layar monitor. Manfaat dari pengulangan penggunaan operator insertion (<<) adalah untuk menampilkan kombinasi dari satu variabel dan konstanta atau lebih, contoh :
cout << "Hello I am " << age << " years old and my zipcode is " << zipcode;
Misalkan variable age = 24 dan variable zipcode = 90064 maka output yang dihasilkan :
Hello, I am 24 years old and my zipcode is 90064
Contoh :
cout << "Baris pertama \n ";
cout << "Baris kedua.\nBaris ketiga.";
Output :
Baris pertama.
Baris kedua.
Baris ketiga.
Selain dengan karakter new-line, dapat juga menggunakan manipulator endl, contoh :
cout << "Baris pertama" << endl;
cout << "Baris kedua" << endl;
Output :
Baris pertamaBaris kedua
4. Jelaskan komentar di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
KOMENTAR DI PASCAL
Komentar adalah bagian yang tidak akan di proses oleh turbo pascal. Dalam pascal, komentar di tuliskan daintara kurung kurawal ataupun kurung buka/ tutup diikuti dengan tanda bintang.
KOMENTAR DI STRUKTUR BAHASA C
//contoh komentar satu baris //
Bagian ini berisi mengenai keterangan pada program kita. Tidak akan dieksekusi dan tidak akan di tampilkan ketika program dijalankan alias nggak ngaruh.
5. jelaskan pengertian variabel dan konstanta, simpulkan perbedaannya!
Jawab :
ü Variable adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.
ü Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta.
ü Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya.
Kesimpulan :
6. Jelaskan deklarasi variabel dan konstanta di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
· Deklarasi variable (VAR) yaitu Dapat diartikan pemesan tempat dalam memory komputer dan penentuan jenis data disimpan didalamnya. Kata cadang ‘VAR’ digunakan sebagai judul didalam bagian deklarasi variabel dan diikuti oleh daftar variabel dapat berupa satu atau sejumlah variabel dan jika lebih dari satu variabel antara variabel satu dengan variabel lainnya dipisahkan dengan variabel lainnya dipisahkan dengan tanda koma, diikuti dengan titik dua dan tipe datanya diakhiri dengan tanda titik koma. Bentuknya “Var” digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel. Variabel yang dideklarasikan harus memiliki tipe data tertentu.
· Deklarasi konstanta (CONST) yaitu Digunakan untuk mendefinisikan ‘nama konstanta’ yang akan digunakan dalam program. Const digunakan untuk mendeklarasikan suatu konstan. Konstan merupakan suatu keyword yang memiliki nilai tertentu dan nilainya tidak berubah di dalam program. Misalnya bila anda mendeklrasikan PI sebagai 3.14, maka ketika anda menggunakan PI pada baris program, PI akan digantikan dengan 3.14. Bentuk (konstanta tidak bertipe) CONST.
7. Jelaskan tipe data angka bulat di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadecimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
- Byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
- Short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
- Int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
-Long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.
8. Jelakan tipe data angka pecahan di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
Tipe Data Float merupakan tipe data bilangan pecahan presisi tunggal. Float memiliki jumlah bit sebanyak 32 bit (4 byte). Pendeklarasian secara umum adalah float nama_variabel.
9. Jelakan tipe data untuk karakter di pascal dan struktur program di bahasa c
Jawab :
Tipe data string dalam beberapa bahasa pemrograman[sunting | sunting sumber]
Bahasa Pascal :
· Dalam bahasa Pascal, tipe data string dituliskan sebagai string. Pada kompilator Pascal lama, string terpanjang yang dapat dibuat terdiri dari 255 karakter. Hal ini terjadi karena Pascal menggunakan 1 byte data untuk menyimpan panjang efektif string.
Contoh kode Pascal yang menggunakan tipe data string:
program str;
var s: string[100]; //jika panjang maksimum tidak dimasukkan, kompilator akan menganggapnya 255
begin
s:= 'Hello world';
writeln(s);
end.
Pada kompilator Pascal yang lebih baru dikenal pula tipe data ANSI-string yang dapat menyimpan karakter lebih banyak.
· Bahasa C[sunting | sunting sumber]
Dalam bahasa C tidak ada tipe data khusus untuk menyimpan string. String biasanya disimpan sebagai larik dari karakter-karakter. Berbeda dengan bahasa Pascal, string pada bahasa C merupakan sebuah null-terminated string, sehingga kapasitasnya hanya dibatasi oleh kapasitas memori komputer. Seperti pada tipe data larik pada bahasa C, pengguna dapat memberikan batas maksimum karakter yang dapat ditampung.
Contoh kode C yang menggunakan tipe data string:
#include <stdio.h>
int main(){
char s[100]; /* membuat string dengan panjang maksimum 99 karakter, karena karakter terakhir harus null */
s = "Hello world";
printf("%s\n", s);
}
Bahasa C++[sunting | sunting sumber]
Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C sehingga representasi string sebagai larik karakter masih berlaku. Namun bahasa C++ juga menyediakan tipe data string yang terdapat dalam C++ Standard Template Library (STL).
Contoh kode C++ yang menggunakan tipe data string pada STL:
#include <string>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
string s; //panjang maksimum tidak perlu didefinisikan
s = "Hello world";
cout<<s<<endl;
}
· Bahasa PHP
Di PHP String adalah kumpulan dari karakter, bilangan, spasi, dan yang lainnya yang berada dalam tanda petik. Di bawah ini semuanya adalah string :
'9 Januari 2009 '
'1.000.000'
"satu juta"
'Belajar PHP'
Contoh Penggunaan String di PHP
//mendefinisikan string
$kegiatan = 'Belajar PHP';
$tempat = 'wikipedia';
//Strings Concatenation
echo $kegiatan." di ".$tempat;
10. Jelaskan daftar library yang dimiliki oleh bahasa c
Jawab :
Ø Library math.h :
Library math.h merupakan sebuah library yang disediakan untuk melakukan perhitungan secara matematika.
Library Functions :
| abs() | acosh() | asin() | atan() | atan2() | atof() | ceil() | cos() | cosh() | exp() | fabs() | floor() | fmod() | labs() | ldexp() | log() | log10() | pow() | sin() | sinh() | sqrt() | tan() | tanh() |
Contoh penggunaan library math.h dengan library functions cos() dan sin() dalam program :
//Penggunaan library math.h
#include <iostream.h>
#include <math.h>
using namespace std;
int main(){
double kecepatan, jarak, sudut;
kecepatan=20;
sudut=25;
jarak = 2*kecepatan*kecepatan*sin(sudut*3.14/180)*cos(sudut*3.14/180)/9.8;
cout<<"Jarak = "<<jarak;
cout<<"\n";
system("Pause");
return 0;
}
Ø Library stdlib.h :
Library stdlib.h merupakan library yang hampir sama dengan library math.h, namun isi dari library stdlib.h berbeda dengan library math.h yaitu :
Library Functions :
| abs() | atof() | atoi() | atol() | div() | exit() | free() | ldiv() | malloc() | rand() | srand() | system() |
Library Macroes :
| abs(x) | atoi(s) | random(num) | randomize() |
Contoh penggunaan library stdlib.h dengan library functions atoi() dalam program :
//Penggunaan library stdlib.h
#include <iostream.h>
#include <stdlib.h>
using namespace std;
int main(){
char karakter[8]="12.3AB";
int nilai;
nilai=atoi(karakter);
cout<<nilai<<endl;
system("Pause");
return 0;
}
Ø Library string.h :
Suatu library pada bahasa C yang digunakan untuk memberikan nilai suatu karakter string.
Librari Functions :
| strcpy() | strcat() | strchr() | strcmp() | strlen() |
Contoh penggunaan library string.h dengan library functions strcpy() dalam program :
//Penggunaan library string.h
#include <iostream.h>
#include <string.h>
using namespace std;
int main(){
char info[30];
strcpy(info, "info: SMKN 9 MALANG");
cout<<info;
cout<<"\n";
system("Pause");
return 0;
}
Ø Library conio.h
Library Functions :
| clrscr() | getch() | getche() | gotoxy() | khbit() | putch() |
Contoh penggunaan library conio.h dengan library funtions getche() atau getch() dalam program :
//Penggunaan library conio.h
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main(){
cout<<"Hai, Selamat datang siswa baru Politeknik Negeri Jakarta \n";
getche();
}
Ø Library iostream.h :
Standard Input / Output Streams Library.
Elemen iostream library (char instantion) :
Classes :
| ios_base Base | ios | istream | ostream | iostream | ifstream | ofstream | fstream | istringstream | ostringstream | stringtream | streambuf | filebuf | stringbuf |
Objects :
| cin | cout | cerr | clog |
Types :
| fpos : | streamoff | streampos | streamsize |
Manipulators :
| boolalpha | dec | endl | ends | fixed | flush | hex | internal | left | noboolalpha | noshowbase | noshowpoint | noshowpos | noskipws | nounitbuf | nouppercase | oct | resetiosflags | right | scientific | setbase | setfill | setiosflags | setprecision | setw | showbase | showpoint | showpos | skipws | unitbuf | uppercase | ws |
Objek iostream mewarisi semua anggota yaitu istream dan ostream, sehingga mampu melakukan kedua operasi input dan output.
Ø Library ctype.h :
Library Functions :
| stlower() | toupper() |
Library Macroes :
| isalnum( c) | isalpha( c) | isascii( c) | iscntrl( c) | isdigit( c) | isgraph( c) | islower( c) | isprint( c) | ispunct( c) | isspace( c) | isupper( c) | isxdigit( c) | toascii( c) | _tolower( c) | _toupper( c) |
11. Jelakan tentang Assignment Operator (Operator Pengerjaan)
Jawab :
Operator merupakan simbol atau kata yang dapat digunakan dalam
program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, seperti menjumlahkan
dua buah nilai, memberikan nilai kesuatu variabel, membandingkan dua buah nilai
dan lain sebagainya.
12. Jelakan tentang Binari Operator (operator Biner)
Jawab :
Operator Binary merupakan operasi yang menggunakan 2 operand, artinya kita melakukan operasi 2 buah nilai type variable. Operator binary tersebut berupa operator aritmatika, logika, relasional dan bitwise
13. Jelakan tentang Relational Operator (Operator Relasi)
Jawab :
Relational operator (Operator Hubungan) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan hubungan antara dua buah operand dan akan didapatkan hasil tipe boolean, yaitu true atau false.
14. Jelakan tentang operator And
Jawab :
Operator And merupakan operator yang menghasilkan nilai benar jika keduanya benar.
15. Jelakan tentang operator Or
Jawab :
Logis operator OR (||)yaitu mengembalikan nilai boolean true jika salah satu atau kedua operan adalah benar dan mengembalikan false jika tidak. Operan secara implisit dikonversi untuk mengetik bool sebelum evaluasi, dan hasilnya adalah tipe bool. Logis OR telah kiri ke kanan associativity.
Operan ke logis operator OR tidak perlu dari jenis yang sama, tetapi mereka harus dari integral atau pointer tipe. Operan umumnya ekspresi relasional atau kesetaraan.
semoga bermanfaat teman, !!!
Baca Juga:
Polimorfisme pada Java + Contoh Code
Contoh Latihan Uts Aplikasi 4 Tentang ERP
Contoh Soal Latihan Materi Basis Data Junior Programer
0 Komentar