Recents in Beach

Review 30 Manfaat Pada Belimbing Wuluh

Review BELIMBING WULUH




Manfaat :

1.  Untuk Diet
Belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan serat. kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu memperlancar diet Anda.
ü Kandungan vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lancarnya proses metabolisme tubuh yang berjalan secara optimal, berarti juga akan membakar lemak di dalam tubuh secara optimal.
ü Kandungan serat juga bermanfaat untuk membantu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat seperti yang umum diketahui, bermanfaat untuk menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa terhindari dari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2.  Membuat Wajah Berseri
Belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit dari serangan radikal bebas. Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit.

3.  Mengobati Diabetes
Belimbing wuluh mekandung senyawa saponin dan flavonoid, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi zat insulin oleh pankreas, dan juga bermanfaat untuk memulihkan sel-sel pankreas yang mengalami kerusakan. Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk pengobatan alami pada penyakit diabetes, bisa dengan cara dimakan langsung, ataupun diolah sesuai keinginan (selera).

4.  Mengobati Sakit Gigi
Belimbing wuluh bisa bermanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan sakit gigi. Timbulnya penyakit gigi umumnya karena adanya bakteri yang berkembang pada gigi yang berlubang. Belimbing wuluh memiliki kandungan zat yang mampu dengan baik melawan bakteri, sehingga baik digunakan untuk mengobat sakit gigi. Untuk pemanfaatan-nya, Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh saat sakit gigi datang mendera.

5.  Menghilangkan Panu
Panu adalah penyakit pada kulit yang terjadi akibat serangan jamur. Penyakit kulit ini seringkali menyerang tubuh pada bagian tangan, wajah, leher, bahu, punggung dan tangan. Kandungan di dalam belimbing wuluh mempunyai fungsi sebagai anti jamur, yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan panu sedikit demi sedikit.

6.  Untuk Kesehatan dan Keindahan Bibir
Bahan-bahan alami sebenarnya sudah banyak tersedia untuk melakukan perawatan bibir secara alami, salah satunya Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk bibir. Penggunaan belimbing wuluh untuk bibir sangat mudah. Pertama-tama siapkan belimbing wuluh, lalu Anda belah dan oleskan ke bibir secara merata.

7.  Untuk Kulit Tubuh
Belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas, serta menjadikan kulit lebih awet muda. Nutrisi pada belimbing wuluh yang mencakup protein, lemak, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalium dan beberapa lainnya. Manfaat kandungan belimbing wuluh dapat membantu menjaga kesehatan dan kecerahan kulit tubuh.

8.  Menghilangkan Jerawat
Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menghilangkan dan mengempeskan jerawat membandel. Kandungan zat asam yang ada di dalam belimbing wuluh memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Tetapi dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, mampu membantu mengerutkan dan membuat samar jerawat di kulit wajah, hingga bisa menghilangkan jerawat. Untuk membuat ramuan belimbing wuluh, maka caranya pertama-tama ambilah tiga buah belimbing wuluh segar. Kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu belimbing wuluh diparut dan diberikan sedikit garam. Kemudian tempelkan ramuan ini pada kulit yang berjerawat. Selesai. Lakukan terapi alami ini sebanyak dua kali dalam sehari.

9.  Gusi Berdarah
Untuk mengatasi gusi berdarah bisa dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh yang segar maupun manisannya, lakukan setiap hari. Disarankan untuk mengonsumsi dua buah belimbing wuluh dalam sehari. Hal ini bermanfaat membantu menanggulangi masalah  gusi berdarah.

10. Kompres Sakit Gondongan
Untuk melakukannya, siapkan setengah genggam daun belimbing wuluh dan tiga siung bawang putih. Cara membuat ramuannya, pertama-tama tumbuk daun belimbing wuluh bersama bawang putih. Kemudian kompreskan pada bagian yang terkena gondongan.

11. Sebagai Obat Alam
sifat kimiawi dan efek farmakologis yang terdapat pada belimbing wuluh berupa rasa asam dan sejuk. Itu bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa sakit, mengatasi peradangan, memperbanyak pengeluaran empedu, dan peluruh kencing.

12. Menyehatkan tulang
Belimbing wuluh memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk merawat kesehatan tulang dan membantu mengembalikan kepadatan tulang. Dengan rajin menkonsumsi belimbing wuluh secara langsung atau dapat juga di rebus dan diminum airnya minimal sekali sehari.

13. Mencegah hipertensi
Masalah yang terjadi akibat tekana darah tidak normal terlalu tinggi sehingga jantung kesulitan memompa darah dapat anda sembuhkan menggunakan ramuan belimbing wuluh agar tekanan darah kembali normal. Cara ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat sejak dulu.

Cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengobati hipertensi :
ü  Cuci bersih 3 buah belimbing wuluh pilih yang masih segar
ü Rebus belimbing wuluh dengan menambahkan 2 gelas air dan daun seledri satu batang
ü  Lalu tunggu sampai air rebusan tersisa satu gelas
ü Minum sekali sehari sampai tekanan darah normal kembali, setelah normal lakukan perewatan
untuk mencegah darah anda naik kembali dengan minum ramuan ini sekali seminggu.


14. Mengecilkan pori-pori
Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah dengan kandungan vitamin C pada belimbing wulut sangat baik untuk merawat kulit wajah salah satunya dapat mengecilkan pori-pori yang mulai mengendur dan akan lebih mudah masuk debu dan kotoran serta bakteri jahat.

Cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengecilkan pori-pori
·            siapkan 5 buah belimbing wuluh kemudian cuci hingga bersih
·            haluskan belimbing wuluh dengan cara ditumbuk atau dapat juga menggunakan blender
·            setelah halus tambahkan air garam secukupnya
·            oleskan paada wajah seperti menggunakan masker hati-hati mengenai mata anda karna akan terasa perih
·            tunggu sekitar 10 menit lalu cuci bersih

15. Lulur belimbing wuluh
Menggunakan lulur berbahan dasar belimbing wuluh akan membuat kulit kita menjadi cerah dan sehat karna belimbing wuluh mengandung vitamin ac yang baik untuk mencerahkan kulit serta memiliki sifat anti jamur maka kulit anda akan terbebas dari berbagai penyakit yang disebabkan timbulnya jamur seperti, panu, kadas, dan kurap. Selain kulit kita akan terlihat lebih cerah juga akan terlihat lebih sehat.

Cara membuat lulur belimbing wuluh
·       cuci bersih 10 buah belimbing wuluh segar
·       parut belimbing wuluh hingga halus
·       tambahkan air hangat secukupnya
·       lalu oleskan lulur tersebit merata pada kulit anda
·       tunggu selama 20 menit setelah 20 menit gosok-gosok seluruh bagian kulit anda yang masih menggunakan lulur agar sel kulit mati yang menempel pada kulit ikut terlepas bersama lulur yang mulai berjatuhan
·       tahap selanjutnya membilas seluruh permukaan kulit menggunakan handuk panas

16. Masker belimbing wuluh
Belimbing wuluh juga sangat baik dijdikan masker wajah yang dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan A selain dapat mencerahkan wajah tapi juga merupakan zat anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusah sel dan menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

Cara membuat masker belimbing wuluh
ü  ambil 5 buah belimbing wuluh lalu cuci bersih
ü  haluskan semua belimbing wuluh
ü  lalu gunakam masker tersebut pada wajah anda
ü  tunggu hingga masker mengering
ü  bilas menggunakan air bersih lakukan perawatan ini 2 kali seminggu

17. Mengobati penyakit batuk
Buah belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang dapat berperan untuk mengatasi penyakit batuk.  Penyakit batuk sering menyerang kaum anak-anak bahkan kaum dewasa. Namun yang paling rentan terkena penyakit batuk adalah masa anak-anak.  Berikut ini cara mengatasi batuk dengan menggunakan ramuan dari buah belimbing wuluh.

Caranya : Siapkan buah belimbing wuluh sebanyak 3 buah, adas, gula secukupnya dan satu cangkir air bersih. Rebus semua bahan tersebut sampai  mendidih. Setelah dingin saring untuk diambil airnya dan diminum  sehari dua kali, pagi dan malam saat keadaan perut masih kosong.

18. Mengobati penyakit diabetes melitus / kencing manis
Zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan masalah penyakit diabetes pada tubuh. Cara mengatasi penyakit kencing manis / diabetes cukup menggunakan 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan kemudian direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring airnya dan diminum dua kali sehari secara teratur dan rutin

19. Sumber Antioksidan yang Tinggi
Buah belimbing wuluh sangat kaya nutrisi dan antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah aktivitas sel yang abnormal. Dengan begitu penyakit kanker pun dapat dicegah.

20. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Daya tahan tubuh dapat berubah-ubah sesuai dengan aktivitas dan asupan gizi yang masuk ke tubuh setiap hari. Untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap stabil, kita memerlukan vitamin C setiap harinya, dan itu bisa kita dapat dari buah belimbing wuluh.

21. Memerahkan Bibir
Bibir yang merah cerah tentu sangat diinginkan setiap wanita. Daripada menggunakan produk berbahan kimia yang dapat beresiko, lebih baik menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh. Cara menggunakannya, belah buah tersebut lalu gosokkan bagian dalam buah pada bibir seperti menggunakan lipstick. Lakukan setiap hari agar hasil segera terlihat.

22. Menyehatkan Kulit
Kulit butuh dirawat setiap hari agar selalu sehat dan cerah berseri. Tentu banyak cara untuk melakukannya, salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit setiap hari.

23. Mencegah Penuaan Dini
Setiap orang pasti akan menjadi tua, namun jika pada usia muda tanda-tanda penuaan telah muncul tentu akan merusak penampilan. Gunakan buah belimbing wuluh sebagai lulur agar kesehatan kulit selalu terjaga.

24. Melembabkan Kulit
Kulit kering dan bersisik tidak enak dilihat sehingga perlu mencari cara untuk mengatasinya. Kita bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi dengan baik karena buah tersebut mengandung air yang cukup banyak.

25. Membuat wajah Terlihat Awet Muda
antioksidannya mampu meremajakan sel kulit dan mengelupas sel kulit mati.

26. Dapat Dijadikan Jus
Buah belimbing wuluh yang rasanya begitu asam juga bisa dijadikan jus. Dengan penambahan gula, jus akan terasa menyegarkan. Cara membuatnya, sediakan 100 gr belimbing wuluh, 100 gr seledri batang besar, air matang ½ gelas dan es serut ½ gelas. Blender buah belimbing dan daun seledri hingga halus. Sajikan dengan es serut.

27. Dapat mencegah penyakit kanker
Pada dasarnya setiap orang memang memiliki resiko terhadap penyakit mematikan yang satu ini, hanya saja bagaimana cara kita untuk menekannya, buah belimbing wuluh ternyata cukup efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut, caranya hanya dengan mengonsumsinya secara teratur, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah banyak dan bermanfaat sebagai antioksidan alami.

28. Mengobati panas dalam
Manfaat buah belimbing wuluh yang lainnya adalah Sebagai obat gejala panas dalam, baik itu sariawan maupun bibir pecah-pecah, mengingat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah tinggi.

29. Merawat kuku
cara yang sangat efektif dalam merawat, menjaga dan membersihkan kuku. Yakni dengan belimbing wuluh. Caranya pun gampang sekali. Ambil satu buah belimbing wuluh kemudian dihancurkan dengan kuku kita. Usahakan kotoran dalam kuku ikut keluar bersama daging buahnya.

30. Manfaat Lainnya
Satu lagi manfaat yang cukup menarik dari belimbing wuluh, selain dapat bermanfaat sebagai obat alami, belimbing wuluh juga dapat Anda gunakan untuk mengusir karat pada besi dan baja.


Sumber : Foto Pribadi

Posting Komentar

0 Komentar

Disqus Shortname

designcart

Comments system

[blogger][disqus][facebook]