Recents in Beach

Peranan Bahasa Indonesia dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan



Bahasa indonesia
Peranan Bahasa Indonesia dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Bahasa merupakan alat komunikasi antara yang satu dengan yang lain. Dengan bahasa, semua hal dapat dimengerti maksud dan tujuan tertentu. Selain itu bahasa juga digunakan untuk menyampaikan suatu hal, pendapat, ide kepada orang lain agar bisa memahami apa yang kita inginkan. Menurut Sunaryo (2000:6), tanpa adanya bahasa (temasuk bahasa Indonesia) IPTEK tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu bahasa Indonesia didalam struktur budaya, ternyata  memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa peran bahasa serupa itu, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat berkembang.

           Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa Indonesia merupakan alat yang digunakan sebagai bahasa media massa untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Semakin berkembangnya teknologi didalam kehidupan kita akan berdampak juga pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Adapun dampak positif dan negatif dalam perkembangan IPTEK yaitu :

Dampak positif perkembangan IPTEK :
1.      Memberikan berbagai kemudahan
2.      Mempermudah meluasnya berbagai informasi
3.      Bertambahnya pengetahuan dan wawasan

Dampak negatif perkembangan IPTEK :
1.      Mempengaruhi pola berpikir
2.      Hilangnya budaya tradisional
3.      Banyak menimbulkan berbagai kerusakan

Posting Komentar

0 Komentar

Disqus Shortname

designcart

Comments system

[blogger][disqus][facebook]