Recents in Beach

Tugas Presensi E-Bussiness OLX Indonesia

Tugas Presensi E-Bussiness
OLX Indonesia

Olx Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronikotomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Pada tanggal 14 November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa berniaga.com akan merger dengan OLX Indonesia pada tahun 2015 mendatang. Proses merger sudah selesai pada bulan Januari 2015. Situs web ini hadir pada tahun 2005 dengan nama tokobagus.com dan merupakan pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 1.000.000 pengunjung setiap harinya.


Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".

Deskripsi Situs Website Olx
Pengertian Website Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web  ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

TokoBagus / OLX Tokobagus/OLX adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa .OLX sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di OLX adalah benar-benar GRATIS untuk suatu periode tertentu.  OLX  juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari OLX  yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menampilkan. Jika menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka OLX.com adalah solusinya. 

Website ini adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini OLX telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari. Menurut saya asal mulai dari toko online adalah dari sesorang yang ingin memiliki usaha tetapi tisak memiliki modal yg cukup untuk menyewa tempat atau pun membeli,sehingga orang tersebut melirik internet sebagai media penjualanya atau sebagai lapak,sehingga muncul lah toko online.

Strategi Bisnis Perusahaan
Toko bagus/OLX sendiri merupakan fasilitator yaitu sebuah media dimana kita bisa menjadi penjual dan pembeli. yang dimana tuku bagus juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

Analisis SWOT Toko Bagus
1. Strength (kelebihan /kekuatan)
a. Toko bagus ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli.
b. Mudah ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi.
c. Tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan2 yang lain.
d. Untuk tampilan warna font dan tata letak juga sudah bagus dan tepat.
2. Weaknesses (kelemahan)
a. Toko bagus ini memakai bahasa indonesia sehingga situs ini tidak dapat go internasional.
b. Rawan penipuan, oleh karena itu kita harus benar2 wasapada.
3. Opportunities (peluang)
Masyarakat di Indonesia sebenarnya masih ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online),karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu kita dapat mengantisipasinya ,dan toko bagus juga menyediakan cara-cara jual beli aman lewat toko bagus yang disediakan di toolbar atas halaman toko bagus. Dan biasanya jual beli online itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, kesempatan itulah yg diambil oleh toko bagus,karena toko bagus sendiri  memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.
4. Threat (ancaman)
a. Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
b. Ancaman dari hacker.
c. Penipuan

Kesimpulan
Toko bagus merupakan website jual-beli yang memudahkan banyak orang terutama bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan seseorang. Tetapi website ini terancam akan hacker ataupun Penipuan alangkah baiknya website ini di buat lebih resmi supaya aman tidak ada penipuan dan tidak ada yang dirugikan. Website tersebut dengan tampilannya sudah bagus elegan perpaduan warnanya  tidak mencolok dan mudah dioperasikan. Tidak menyulitkan konsumen atau pemakai.

Ayu Erlina/MIA/B15042

Daftar Pustaka


Baca Juga:








Posting Komentar

0 Komentar

Disqus Shortname

designcart

Comments system

[blogger][disqus][facebook]