Recents in Beach

Soal Dan Pembahasan Uas Pengantar Sistem Informasi

SOAL DAN PEMBAHASAN UAS PENGANTAR SISTEM INFORMASI
 Soal Dan Pembahasan Uas Pengantar Sistem Informasi

1. Sejarah Perkembangan Komputer Inovasi-inovasi sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi: Komputer Generasi I : Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Computer generasi II : Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Computer generasi III : Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas.menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi yakni IC. Komputer Generasi IV : komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Komputer generasi V: komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik.

2. Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.

3. unsur unsur computer : (1) Hardware (Perangkat Keras) adalah sekumpulan komponen perangkat keras didalam komputer yang secara fisik dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. (2) Software (Perangkat Lunak) adalah program yang berisi instruksi/perintah sebagai perantara, yang menghubungkan antara hardware dan brainware sehingga menghasilkan informasi sesuai keiinginan brainware. (3) (Brainware (Pengguna) adalah perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan software yang ada di dalam komputer.

4. Macam - Macam Perangkat Keluaran (Output Device):
· Monitor digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
· Printer digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
· Speaker berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
· Projector adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
· Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
· Tv Tuner Card digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
· Modem digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
5. Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat computer dinyalakan. Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Close Source adalah Sistem operasi yang codenya tidak dibuka untuk umum, pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi dengan gratis maupun membayarya.

6. Dampak positif :
· Sebagai media komunikasi, di mana pengguna internet bisa berkomunikasi dengan yang lainnya yang ada di seluruh dunia. Misalnya facebook.
· Sebagai media pertukaran data, pengguna internet bisa saling bertukar informasi dengan waktu yang cepat.
· Sebagai media untuk mencari informasi ataupun data, digunakan untuk bahan informasi di bidang pendidikan, kebudayaan, dll.
· Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan, apa lagi untuk siswa yang dapat mengambil banyak informasi mengenai pelajaran dan tidak didapatkan di sekolah.
· Sebagai bisnis, misalnya bekerja secara on-line sehingga dapat menjadikan sumber pendapatan.
7. Dampak Negatif :
· Cybercrime, kejahatan yang dilakukan manusia di dunia maya internet.
· Pornografi,
· Penipuan, cara terbaiknya yaitu tidak mengkonfirmasi informasi yang sudah didapatkan kepada si penyedia informasi itu.
· Perjudian, umumnya situs ini tidak agresif serta membutuhkan banyak persetujuan dari para pengunjungnya.
· Mengurangi sifat sosial manusia, masyarakat cenderung berhubungan melalui internet daripada face to face.
· Penyebaran virus, diciptakan untuk merusak data, menyembunyikan diri, memperbanyak diri, dan memanipulasi informasi.
· Pembajakan, karya intelektual beredar di dunia maya karena adanya pembajakan. Seperti lagu yang berformat MP3.
8. Jenis-jenis Jaringan Komputer :
Macam - Macam Sistem Operasi Jaringan

1. Banyan VINES
Banyan VINES (Virtual Integrated Network Service) adalah sebuah sistem operasi jaringan populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an yang banyak digunakan dalam jaringan-jaringan korporat.

2. Novell Netware
Novell Netware adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau nkompatibelnya.
3. Microsoft LAN Manager
LAN Manager adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama dengan 3Com Corporation
4. Microsoft Windows NT Server
Microsoft Windows NT Server menggunakan non-dedicated server sehingga memungkinkan untuk bekerja pada komputer serevser
5. Windows 98, Windows 2000 Profesional, Windows XP Profesional, dan Windows NT Workstation
Seluruh windows yang ada di atas tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan (work station), seperti dapat mengakses file dan menggunakan printer.

6. GNU/LINUX
GNU/LINUX adalah turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system,memiliki implementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP
7. UNIX
UNIX dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan Network File System (NFS)
8. Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.

9. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.  Informasi meupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.

10. Komunikasi virtual adalah komunikasi dimana proses penyampaian dan penerimaan pesan dengan menggunakan ( melalui ) cyberspace / ruang maya yang bersifat interaktif.

Semoga bermanfaat
Data kuliah manajemen informatika pengantar sistem informasi (UAS)

Posting Komentar

0 Komentar

Disqus Shortname

designcart

Comments system

[blogger][disqus][facebook]